Dinamo Dan Beberapa Pekerjaan Penting Electrical Engineer Kapal Saat ini, banyak perusahaan pelayaran terkenal tidak menyediakan elektrisen di kapal. Perusahaan sekarang bergantung pada engineer untuk mengatasi pekerjaan listrik dan masalah yang berhubungan dengan nya. Beberapa alasan penting untuk kecenderungan ini adalah proses pemangkasan pengeluaran biaya perusahaan yang berkelanjutan dan juga manning minimum tidak secara khusus mencakup persyaratan seorang elektrisen di kapal .
Selain itu, listrik merupakan salah satu mata pelajaran utama dalam silabus teknik kelautan ( Ini terutama mencakup semua, operasional dan penemuan kesalahan topik ), engineer diharapkan untuk dapat menangani isu-isu terkait listrik sebagai bagian dari tugas mereka di kapal . Meskipun beberapa pekerjaan listrik harus dilakukan di atas kapal , ada yang penting yang perlu mendapat perhatian khusus .
Berikut ini adalah beberapa point tentang pekerjaan listrik yang paling umum dan, yang engineer harus tahu
1. Pengoperasian berbagai instrumen listrik : Setiap jenis operasi listrik atau pekerjaan pemeliharaan harus dilakukan dengan bantuan beberapa alat listrik lainnya dan alat-alat seperti multimeter , mergger , Tang Amper dll Seorang Engineer harus mengetahui prosedur operasi yang benar untuk mengoperasikan semua instrumen ini dan juga harus tahu bagaimana menginterpretasikan nya .
2. Starter Panel : Starter panel setiap sistem kelistrikan terdiri dari kontak yang memerlukan pemeliharaan rutin untuk mencegah bagian yang sering kontak hangus terbakar , kerusakan , akumulasi deposito dll. Pemeliharaan starter panel bagian dari pekerjaan pemeliharaan yang direncanakan dan semua langkah-langkah keselamatan harus diambil sebelum melakukan hal yang sama. Engineer harus mengetahui prosedur yang tepat untuk pemeliharaan starter panel listrik ini.
3. Resistensi Isolasi/ Insulation resistance : Semua kawat dan kabel dalam sistem listrik disediakan dengan pelindung isolasi . Jika resistansi rusak, itu dapat menyebabkan hubung singkat, gangguan grounding dan kerusakan peralatan, engineer harus tahu bagaimana menjaga tahanan isolasi kawat dan kabel .
4. Masalah Grounding: . Salah satu masalah yang paling umum dalam sistem listrik adalah grounding/earth fault. Engineer harus mengetahui metode dan instrumen untuk mengetahui masalah grounding ini
5. Overhauling Dinamo/electrik motor : Banyak sekali Dinamo/motor listrik yang ada di kapal . Dimana dinamo ini berpungsi sebagai penggerak beberapa sistem mesin lain seperti pompa, kipas angin , pembersih dll. Sehingga perawatan motor listrik/dinamo ini harus dilakukan sesuai dengan sistem pemeliharaan yang direncanakan dan selama breakdown. Prosedur overhaul lengkap harus diketahui oleh para engineer termasuk prosedur keamanan yang diperlukan .
6. Overhaul Bus Bar : Tugas ini biasanya dilakukan pada saat kapal di Dry Dock, bus bar kapal menampung dan mendistribusikan daya yang dihasilkan oleh generator kapal. Hal ini penting untuk mengetahui isolasi dan prosedur pemeliharaan yang benar untuk bus bar, sementara kapal berada pada pelayaran normal atau saat keluar dari air di Dry Dock
7. Pengisian Baterai kapal : Baterai yang digunakan terutama untuk backup listrik darurat dan operasi LSA darurat seperti sekoci . Pengisian dan pemeliharaan baterai harus dilakukan pada interval waktu yang teratur dan Engineer harus mengetahui proses ini .
8. Mengatur Sensor Beban Pada Mooring Winch : Mooring winch adalah mesin penting yang digunakan pada saat kapal akan berlabuh atau akan meninggalkan pelabuhan. Beban besar diterapkan oleh tali/tambang tambat pada winch ditangani dalam batas aman oleh sensor beban . Jika beban melebihi batas , sensor akan menjaga agar motor/mesin penggerak winch mooring tetap aman Seorang insinyur kelautan harus tahu prosedur untuk menyesuaikan sensor beban winch mooring .
9. Shore Connection atau AMP : Revolusi hijau telah memperkenalkan cold ironing atau alternatip marine power untuk dry dock ( yang sebelumnya hanya digunakan dalam dry dock/dermaga kering ) dan di pelabuhan ( sekarang digunakan di banyak pelabuhan terutama untuk kapal pesiar ) . karena parameter shore power kadang ada yang sedikit berbeda seperti tegangan , frekuensi dll, tetapi setidaknya Enginer harus tahu benar bagaimana untuk menghubungkan shore connection untuk supply kapal dengan menggunakan transformator atau konverter frekuensi jika ada perbedaan yang signipikan.
10. Auto Mesin : Mesin otomatisasi merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan selama pemeliharaan untuk menjamin keamanan secara keseluruhan dari kapal . Kedua mesin utama dan genset kapal disediakan dengan beberapa otomatisasi , alarm dan trips (breaker) . Seorang insinyur kelautan harus mengetahui sistem otomasi kapal dan memecahkan masalah terkait, dalam beberapa hari setelah joint di kapal . Ini adalah hanya beberapa pekerjaan listrik yang penting dan paling umum yang engineer harus tahu di atas kapal .
Tags. Jasa gulung Dinamo di Medan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar